sing usah sungkan, sing usah ragu.” (nggak usah sungkan, nggak usah ragu). Kata-kata yang tepat untuk kita beranjak dari rutinitas kita sehari-hari, dan menikmati alam. Kawah Ijen, ya… Kawah ijen terletak di Gunung Ijen, kawah ijen berkedalaman sekitar 200 meter dan luas sekitar 5.466 hektar.
Waktu yang paling tepat untuk melihat melihat api biru yaitu dini hari. Pendakian dari Paltuding kurang lebih 3 jam. Bukan hanya blue fire yang di dapat, jika kamu mendaki dini hari, akan tetapi kamu juga akan di suguhkan matahari terbit ujung timur pulau jawa.
Yang perlu diketahui Gunung Ijen masih aktif. Kawasan ini terletak di dua wilayah kabupaten yaitu Banyuwangi dan Bondowoso. Kawah ini berada di atas ketinggian 2.368 meter di atas permukaan laut dan termasuk golongan gunung paling aktif di pulau jawa.
Pemandangan memang super wow, akan tetapi hati-hati gas belerangnya.Kawasan Ijen terkadang ditutup karena kandungan belerang yang terlalu tinggi yang dapat membahayakan para wisatawan maupun para penambang belerang di area ijen.
Nah, untuk menjaga keselamatan, anda di sarankan untuk menggunakan masker yang ada penyaring udaranya, jika tidak membawa ataupun lupa, anda juka bisa menyewa di pos sebelum puncak ijen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *